Sabtu, 14 Maret 2009

Incinerator Medis Alat Pengolahan Sampah Klinik/Puskesmas/Rumah Sakit


Dewasa ini limbah merupakan masalah yang cukup serius, terutama dikota-kota besar. Sehingga banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah, swasta maupun secara swadaya oleh masyarakat untuk menanggulanginya, dengan cara mengurangi, mendaur ulang maupun memusnahkannya. Namun semua itu hanya bisa dilakukan bagi limbah yang dihasilkan oleh rumah tangga saja. Lain halnya dengan limbah yang di hasilkan dari upaya medis seperti Puskesmas, Poliklinik, dan Rumah Sakit. Karena jenis limbah yang dihasilkan termasuk dalam kategori biohazard yaitu jenis limbah yang sangat membahayakan lingkungan, dimana disana banyak terdapat buangan virus, bakteri maupun zat zat yang membahayakan lainnya, sehingga harus dimusnahkan dengan jalan dibakar dalam suhu diatas 800 derajat celcius

Oleh karena itu penangannannya pun haruslah memakai alat khusus yang memiliki kriteria kriteria yang ditentukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pengurangan sampah yang efektif
  • Lokasi jauh dari area penduduk
  • Adanya sistem pemisahan sampah
  • Desain yang bagus
  • Pembakaran sampah mencapai suhu 1000 derajat
  • Emisi gas buang memenuhi standar baku mutu.
  • Perawatan yang teratur/periodik
  • Pelatihan Staf dan Manajemen

Namun umumnya alat ini didatangkan dari luar negeri yang harganya mencapai milyaran rupiah, serta membutuhkan tenaga operator maupun teknisi yang terdidik dan terlatih. Namun dalam pengoperasiannya cukup memakan biaya besar karena dalam proses pemusnahan limbah membutuhkan bahan bakar dan listrik yang cukup besar secara kontinyu. Selain itu komponen alat tidak mudah didapatkan dipasaran dalam negeri. Sehingga cukup merepotkan takala terjadi kerusakan.

SOLUSI LIMBAH MAXPELL

Maxpell menawarkan solusi terbaik dalam menangani permasalahan limbah medis dan non medis jenis padat (kering dan basah) yang terdapat di Puskesmas, Poliklinik, dan Rumah Sakit yaitu dengan menggunakan incinerator dengan sistem pembakaran yang sempurna dengan berbagai media bahan bakar yang terus dikembangkan baik dari sisi teknologi maupun kapasitas.

Solusi yang ditawarkan oleh maxpell adalah untuk mengatasi limbah medis dan non medis jenis padat (kering dan basah) dengan melakukan pemilahan jenis limbah berdasarkan pemusnahannya. Dibawah ini terdapat tabel jenis limbah yang dapat ditangani oleh teknologi maxpell.

KEGIATAN

PRODUKSI LIMBAH

Perawatan

Alat suntik , tabung infus , kasa, kateter, sarung tangan, masker , bungkus/botol obat, dlsb

Bedah

Alat suntik , tabung infus , kasa, kateter, sarung tangan, masker , bungkus/botol obat , pisau bedah, jaringan tubuh, kantong darah

Laboratorium

Alat suntik , pot sputum, pot urine/faeces, reagent, chemicals, kaca slide

Poliklinik

Alat suntik , tabung infus , kasa, kateter, sarung tangan, masker , bungkus/botol obat, dlsb

Farmasi

Dos, botol obat plastik/kaca, bungkus plastik, kertas, obat kedaluarsa, sisa obat.

Radiologi

Cartrige film, film, sarung tangan , kertas, plastik .

IGD

Alat suntik , tabung infus , kasa, kateter, sarung tangan, masker , bungkus/botol obat, dlsb

Dapur

Sisa bahan makanan (sayur, daging, tulang, bulu,dlsb), sisa makanan, kertas, plastik bungkus

Laundry

Kantong plastik

Kantor

Sisa bahan makanan (sayur, daging, tulang, bulu,dlsb), sisa makanan, kertas, plastik bungkus

KM / WC

Pembalut, sabun, odol

Keterangan :

Incinerator

Needle Pit/ Needle Cruisher

Incenerator / Dijual Kembali

Pengelolaan limbah jika diolah secara baik dapat memberikan keuntungan yang cukup signifikan. Hal ini dapat dilihat dengan konsep mata rantai daur ulang sampah yang terdapat di negeri kita. Gambar dibawah ini memperlihatkan konsep mata rantai daur ulang sampah.

Dengan adanya konsep pemilahan limbah padat medis maupun non medis, tentunya akan dengan mudah diperkirakan berapa keuntungan rumah sakit/puskesmas/poliklinik dari hasil pengolahan limbah yang dapat di daur ulang. Untuk memudahkan perkiraan keuntungan dari hasil pengolahan sampah dapat dilihat pada tabel dibawah ini

No

Jenis Barang

Harga Per-Kg (Rp)

1

Kertas bersih

400

2

Kertas kotor

50

3

Kardus

250

4

Plastik lemas

300

5

Plastik ember

700

6

Botol Infus

50 / bh

7

Botol aqua

100

8

Kresek (HD)

50

9

Kaleng

75

10

Tulang

100

11

Beling putih

50

12

Kuningan

5000

13

Tembaga

5000

14

Aluminium

4000

15

Besi super (asli)

300

16

Besi Campuran

250

17

Kaleng minuman (Sari)

3000

18

Sandal, slang (Nilek)

750

19

Tempat odol (Pepsodent)

700

Hasil penelitian YDD di TPA Kricak Desember 1999

Dari tabel diatas dapat diperkirakan dengan mudah berapa banyak sampah yang dapat di daur ulang atau dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan. Solusi penanganan limbah sebenarnya sangat mudah dan efisien jika ditangani dengan baik dan benar. Contoh lain penanganan limbah dengan metode pemilahan dan pemusnahan menggunakan incinerator Maxpell Technology dapat dilihat pada contoh kasus income sampah dari RS type B Yogyakarta Bulan Juni 2003 dibawah ini.

No

Jenis Sampah

Qty/hari

Qty / bulan

Harga / unit

Jumlah

1

Sampah Plastik






Tabung Infus

200 pcs

6000 pcs

Rp. 50,-

Rp. 300.000


Plastik bekas (tabung suntik, botol obat,dll)

10 kg

300 kg

Rp. 700,-

Rp. 210.000,-

2

Sampah kertas






Koran bekas, sampah kantor, dll.

40 kg

1200 kg

Rp. 700,-

Rp. 840.000,-

3

Sampah basah






Sisa makanan, sampah dapur

15 ember

450 ember

Rp. 3000,-

Rp. 1.350.000,-


Rata rata pendapatan dari Sampah per Bulan




Rp. 2.700.000,-

Incinerator

per Hari

per Hari

per Bulan

Harga /Lt

Biaya Minyak / Bulan

Konsumsi Minyak Solar

Konsumsi Minyak Solar

10 lt

300 lt

Rp. 2.500,-

Rp. 750.000,-

TEKNOLOGI MAXPELL

Selain menggunakan metode pemilahan limbah yang dapat didaur ulang atau yang dapat dijual kembali, Maxpell juga memiliki teknologi yang dapat memusnahkan limbah medis atau non medis padat (basah dan kering) dengan menggunakan Incinerator. Teknologi incinerator Maxpell adalah sebuah alat penghancur limbah berupa tungku pembakaran yang didesain secara sempurna dalam sistem pembakaran dengan menggunakan berbagai media bahan bakar yang terus dikembangkan baik dari sisi teknologi maupun kapasitas.

Teknologi Incinerator Maxpell dirancang agar memiliki beberapa kemudahan untuk dioperasikan. Beberapa keunggulan tersebut adalah:

  • Tidak membutuhkan tempat luas;
  • Bisa membakar sampah kering hingga sampah basah;
  • Daya musnah sistem pembakaran mencapai suhu diatas 1000 o C;
  • Bekerja efektif dan irit bahan bakar;
  • Tingkat dari pencemaran rendah. Dalam operasional dibeberapa tempat terbukti asap hasil pembakaran yang keluar dari cerobong hampir tidak kelihatan dan tidak mengeluarkan bau yang menganggu;
  • Suhu pembuangan udara panas pada cerobong asap terkendali secara konstan;
  • Suhu dinding luar tetap dingin sama dengan suhu udara luar;
  • Perawatan yang mudah dan murah;
  • Abu sisa pembakaran bisa diolah menjadi beragam produk bahan bangunan.

Keunggulan teknologi Maxpell berbeda dengan teknologi lainnya, teknnologi lain biasanya hanya dapat melakukan penghancuran sampah kering dengan tungku pembakaran, akan tetapi teknologi Maxpell menggunakan teknologi khusus yang didesain untuk mengelola dan sekaligus menghancurkan hampir seluruh limbah pada medis atau non medis secara maksimal. Silkus atau proses pengolahan limbah medis atau non medis Maxpell dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Keunggulan lain teknologi Maxpell adalah dengan diterapkannya Teknologi Ramah Lingkungan pada incinerator Maxpell. Teknologi ini berbeda dengan teknologi pembakaran sampah konvensional, pada tungku Maxpell l imbah ditempatkan dalam ruangan yang kedap, lalu di injeck dengan bahan bakar yang sudah dicampur oksigen dan terbakar dengan suhu yang tinggi, asap hasil pembakaran di imbas dengan molekul air sehingga asap yang keluar menjadi hidrocarbon yang akan terbakar habis pada secondary chamber. Dengan demikian asap akan bersih dan ramah lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar